Program Internet Desa untuk Penerapan Program Smart City

By | Apr 18, 2017

https://www.mangoesky.com/assets/design_v2/img/news/program-internet415.jpg

Seri Bentan – 10 Desa di Kabupaten Bintan mengusulkan pemasangan satelit Mangoesky ke PT Telkom Wilayah Kepri di Batam melalui Rapat Mekanisme Evaluasi APBDes 2017 dan Sosialisasi Program Internet Desa (Manggoesky) di Kantor Dinas PMD, Bandar Seri Bentan, Senin (17/4).

Hal ini diusulkan karena walaupun sudah terdapat jaringan Global System for Mobile (GSM), General Packet Radio Services (GPRS) dan Base Transceiver Station (BTS), namun jaringan internet di belasan desa di Kabupaten Bintan masih lelet atau bermasalah. Sepuluh desa tersebut sebagian besar lokasinya di pulau, seperti Pulau Tambelan, Numbing, Mapur, Kelong maupun Pulau Pangkil.

“Pemasangan satelit mangosky ini harganya Rp25,5 juta per tahun, per desa. Pembayarannya diambilkan dari dana desa,” ujar Roni Kartika selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) BINTAN usai memimpin rapat.

Program e-Desa, yang mempermudah administrasi pedesaan dengan sistem elektronik disimpan di website untuk menghemat kertas kerja dan biaya anggarannya sebesar Rp18 juta per tahun. “Jadi pembelian satelit dan programnya Rp43,5 juta totalnya per tahun,” terang Roni.

Pemasangan satelit Mangoesky, bertujuan untuk mendukung keberhasilan dan kemajuan suatu desa agar tertib dan cepat proses administrasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, agar berjalannya program e-Goverment, e-Desa serta Program sistem keuangan desa (Simkeudes) secarara online, agar proses pelayanan kepada masyarakat lebih terintegrasi .

Hal ini merupakan tindak lanjut atas percepatan penerapan Program Smart City. Terdapat pemaparan seputar sistem pengoperasian, biaya operasional hingga permasalahan jaringan di tiap desa dari PT Telkom Kepri-Kota Batam terkait manfaat Mangoesky dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh Camat, Lurah serta Kepala Desa.

Lebih dari 60 template dengan berbagai variasi manfaat yang ditawarkan mulai dari sistem data permohonan KTP, form data kependudukan hingga surat pengantar.

Program Satelit Mangoesky selain memiliki kapasitas 15 giga byte/desa juga dapat menjadi salah satu solusi khususnya dalam masalah akses internet di wilayah terpencil. Pada dasarnya layanan yang disediakan oleh produk ini adalah layanan internet berbasis satelit dengan harga murah dengan area layanan meliputi seluruh wilayah di Indonesia.

Sumber : sindobatam.com