MangoeSky Selenggarakan Ujian Sekolah Berbasis Android di Gorontalo

By Bintang | Dec 30, 2018

https://www.mangoesky.com/assets/design_v2/img/news/1a2900fce56fc484f2bc32abb95f7d03.jpg

Gorontalo - Kemajuan teknologi di era digitalisasi saat ini membawa angin segar bagi kemajuan pendidikan Indonesia, terutama di daerah yang sulit terjangkau. Pemanfaatan teknologi, seperti internet dan smartphone sudah mulai merambah ke daerah terpencil yang jauh dari perkotaan. Hal itu dapat dibuktikan dengan terselenggaranya Ujian Semester Berbasis Android (USBA) di SMP Negeri 12 Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. 


Direktur Bisnis Telkomsat, Bogi Witjaksono mengatakan, kesuksesan pelaksanaan USBA ini, terwujud atas bantuan perangkat server dari Telkom Indonesia. USBA menggunakan jaringan internet melalui media satelit (VSAT IP) MangoeSky.


"Jaringan internet yang difasilitasi MangoeSky dapat menjadi jalan keluar terbaik untuk sekolah, UMKM, maupun masyarakat yang ingin tetap mendapatkan internet di daerah rural dan terpencil," ujar Bogi dikutip keterangannya di Jakarta, Senin (31/12).


Pada tanggal 13 Desember 2018, SMP Negeri 12 Wonosari untuk pertama kalinya di Indonesia melakukan Ujian Semester Berbasis Android (USBA). Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara mewajibkan siswa untuk membawa smartphone berbasis android yang disambungkan dengan koneksi server.


"Begitu perangkat terkoneksi, maka akan terhubung dengan server pengawas, sehingga jika ada siswa yang keluar dari aplikasi server sebelum merampungkan ujian, akan terdeteksi langsung."


SMP N 12 Wonosari berada di lokasi yang jauh terpencil bahkan nyaris terisolir. Melalui terobosan pelaksanaan USBA, menunjukkan terpencil bukan halangan untuk tidak memanfaatkan kemajuan teknologi. USBA sendiri masih asing dilakukan di daerah perkotaan, tetapi pelaksanaannya pertama kali dilakukan di daerah terpencil. Ujian Semester Berbasis Android (USBA) tidak jauh berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).


Kesamaan dari kedua pelaksanaan ujian tersebut adalah dapat memperlihatkan hasil ujian secara langsung. UNBK pernah dilakukan di SMP N 12 Wonosari, namun dengan peminjaman perangkat komputer. USBA menjadi jalan terbaik, karena tidak mengharuskan sekolah meminjam perangkat. Para siswa dapat menikmati kemajuan teknologi dengan cara yang lebih praktis hanya dengan menggunakan smartphone android milik masing-masing.


Pihak SMP N 12 Wonosari mengaku puas dengan jaringan internet MangoeSky yang sudah memfasilitasi pelaksanaan ujian. Para siswa juga turut gembira atas pemanfaaatan teknologi yang bisa mereka rasakan sekalipun berada di daerah terpencil.


Sumber : Merdeka